Car Free Day - Hari Bebas Kendaraan di Indonesia

Ditulis oleh - Taufik Ramadhan - 17 - Nov - 2015

Car Free Day - Hari Bebas Kendaraan di Indonesia



Pastinya anda tidak asing lagi dengan istilah Car Free Day atau CFD ini, bagi warga masarakat di ibukota Jakarta dan sekitarnya tentu sudah terbiasa dengan aturan yang telah diberlakukan ini, lalu tahukah anda mengapa pemerintah memberlakukan aturan hari bebas kendaraan ini? dan darimana kebiasaan ini bermula?

Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan adalah sebuah kegiatan kampanye untuk mengurangi tingkat pencemaran udara di kota-kota besar di seluruh dunia yang disebabkan oleh kenderaaan bermotor. Bermula pada tanggal 25 November 1956, Belanda melaksanakan Car Free Day setiap hari Minggu, kemudian Francis pada tahun tahun 1995 melaksanakan pesta memperingati Green Transport Week di kota Bath, semua masyarakat turun ke jalan untuk merayakan acara tersebut. Inilah perjalanan panjang sejarah kegiatan Car Free Day , yang pada akhirnya kegiatan ini diperingati setiap tanggal 22 September di seluruh dunia

Car Free Day sendiri bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor. Kegiatan ini biasanya didorong oleh aktivis yang bergerak dalam bidang lingkungan dan transportasi. maraknya penggunaan kendaraan yang seringkali membuat polusi udara dan menimbulkan kemacetan yang sudah menjadi langganan setiap harinya di ibukota membuat pemerintah membuat peraturan hari bebas kendaraan dengan maksud dan pesan agar warganya ikut serta untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor yang dapat menimbulkan polusi dan juga kemacetan. 


Pelakasanaan car free day pertama kali di Indonesia yaitu di Jakarta, tanggal 27 April 2008. dilaksanakan pada minggu ke-4 setiap bulannya. Dan larangan melintas bagi kendaraan bermotor dimulai dari pukul 06.00 hingga pukul 14.00.di kota-kota lain seperti Bandung, Medan, dan kota lainya pun sekarang ikut menerapkan peraturan ini dengan maksud dan tujuan yang sama yaitu memerangi kemacetan dan polusi, Tema penting dalam hari bebas kendaraan bermotor, adalah tinggalkan kendaraan bermotor di rumah dan berjalan kakilah atau gunakan kendaraan tidak bermotor atau pun menggunakan kendaraan umum untuk perjalanan panjang. dengan peraturan car free day ini diharapkan bisa menjadi langkah awal kita untuk mengurangi pemakaian kendaraan bermotor sehingga polusi dapat berkurang dan bumi kita menjadi tempat tinggal yang layak.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Car Free Day - Hari Bebas Kendaraan di Indonesia"

Post a Comment