Teknologi Masa Depan Augmented Reality

Ditulis oleh - Taufik Ramadhan - 15 - Nov - 2015

Augmented Reality


Adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.
Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat realitas tertambah sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata.
Realitas tertambah dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Selain digunakan dalam bidang-bidang seperti kesehatan, militer, industri manufaktur, realitas tertambah juga telah diaplikasikan dalam perangkat-perangkat yang digunakan orang banyak, seperti pada telepon genggam.
Teknologi dengan menggunkan AR ini sudah banyak bermunculan diantaranya produsen game, perangkat game seperti Oculus Rift, aplikasi iPhone dan Android, dan masih banyak lagi, dan tidak menutup kemungkinan AR akan menjadi teknologi yang akan sangat berguna dan memudahkan manusia dimasa depan. AR sendiri rencananya akan terus dikembangkan dan disempurnakan.  
Dan aplikasi yang menggunakan AR pun sudah banyak yang diproduksi masal, dan sudah bisa dibeli atau bisa didownload jika berbasis ponsel.



Penerapan AR di dunia nyata

Penerapan AR pada lensa kontak


Penarapan AR pada game



sumber: wikipedia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknologi Masa Depan Augmented Reality"

Post a Comment