Kebiasaan Yang Sama Bahayanya Dengan Merokok

Ditulis - Taufik Ramadhan - 6 - Okt - 2015

KEBIASAAN YANG SAMA BAHAYANYA DENGAN MEROKOK




Merokok memang tidak baik bagi kesehatan, tetapi tidak merokok apakah baik bagi tubuh ini? tentu saja tidak, sebuah penelitian menemukan bahwa ada kebiasan-kebiasan tertentu yang sama bahayanya dengan merokok. Dan berikut beberapa kebiasaan yang dimaksud.

1. Duduk sepanjang hari
Duduk lama mungkin termasuk kegiatan yang sering dilakukan pelajar, ataupun pekerja di mobil atau di depan televisi, menurut Cancer Care di Kanada, sudah dikaitkan dengan banyak kasus kesehatan khususnya kanker payudara, usus besar, prostat dan paru-paru. Solusinya adalah saat bekerja di kantor atau di rumah, ambil waktu sejenak untuk berkeliling.

2. Kebanyakan makan daging 
Daging memang bukan makanan pokok bagi kita, namun rasa nya yang enak dan mengenyangkan membuat beberapa orang menggemarinya, Daging mempunyai Protein hewani kaya IGF-1, suatu hormon yang meningkatkan pertumbuhan sel-sel kanker pada tubuh. Studi dari University of Southern California, menemukan bahwa orang yang diet tinggi protein hewani bisa meninggal lebih cepat. Segera ganti sumber protein hewani Anda dengan protein vegetarian.

3. Memasak pakai kompor gas
Kompor gas memang membantu dan menawarkan kegiatan memasak lebih cepat dan mudah. Namun, pada kompor tersebut ada dosis tambahan karbon monoksida, nitrogen dioksida dan formaldehid setiap kali Anda memasak makanan. Jangan panik, ini bisa diatasi apabila dapur Anda memiliki ventilasi udara yang cukup. Sebab, ini akan mencegah Anda menghirup terlalu lama.

4. Pakai minyak yang salah
Minyak sayur terbukti melepaskan partikel aldehida dan hidrokarbon aromatik polisiklik, semua senyawa yang ditemukan dalam asap rokok dan terkait dengan masalah peradangan. Ganti minyak goreng Anda dengan yang lebih sehat seperti minyak zaitun.

5. Kurang tidur
Kurang tidur memicu tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, obesitas dan sejumlah masalah kesehatan lainnya. Salah satu studi menunjukkan bahwa tidur kurang dari delapan jam, tingkat kematiannya setara dengan para perokok. Jadi, kalau Anda memiliki masalah saat tidur segera konsultasi ke dokter.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kebiasaan Yang Sama Bahayanya Dengan Merokok"

Post a Comment