Jaringan Saraf Tiruan (Artificial Neural Network)

Ditulis oleh - Taufik Ramadhan - 26 - Des - 20

Jaringan Saraf Tiruan (Artificial Neural Network)


Anda mungkin tau jaringan saraf yang ada dalam tubuh manusia, tetapi tahukah anda? Jika terdapat jaringan saraf tiruan yang telah berhasil dikembangkan, seperti apa? Dan bagaimana cara kerjanya? Berikut penjelasanya.

Artificial Neural Network (ANN) adalah sistem komputasi dimana arsitektur dan operasi diilhami dari pengetahuan tentang sel saraf biologi di dalam otak. ANN merupakan jaringan yang terdiri dari sekelompok unit pemroses kecil yang dimodelkan berdasarkan jaringan saraf manusia. ANN merupakan sistem adaptif yang dapat merubah strukturnya untuk memecahkan masalah berdasarkan informasi eksternal maupun internal yang mengalir melalui jaringan tersebut.

Sebelumnya manusia beranggapan bahwa pemikirannya tidak bakal bisa disentuh dan dijabarkan dalam suatu sistem buatan. Karena pemikiran manusia oleh manusia sendiri dianggap misterius dan masuk dalam ranah soft scienceseperti kajian ilmu yang dilakukan orang psikologi. Manusia memiliki jumlah sel saraf sebanyak 10 pangkat 26 processor dan bekerja secara pararel. Komputer yang tercanggih sekarang saja dengan processor intel core i7 generasi 2 hanya memiliki 8 processor. Neuron adalah bagian dasar dari pemrosesan suatu Artificial Neural Network . Kecepatan transfer informasi sel-sel tersebut dari satu ke yang lainnya melebihi kecepatan cahaya. Ini mematahkan teori fisika klasik bahwa tidak ada sesuatupun yang bisa melebihi kecepatan cahaya. Contohnya ketika manusia kakinya terkena puntung rokok, manusia tersebut langsung dengan cepat merespon untuk meloncat. Tidak mungkin mikir lama dahulu baru meloncat.

Seperti apakah Artificial Neural Network (ANN) itu?

Artificial Neural Network (ANN) menyerupai otak manusia dalam dua hal, yaitu:
Pengetahuan diperoleh jaringan melalui proses belajar (learning machine)
Kekuatan hubungan sel saraf (neuron) yang dikenal sebagai bobot-bobot sinaptik digunakan untuk menyimpan pengetahuan.

Sumber: wikipedia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jaringan Saraf Tiruan (Artificial Neural Network)"

Post a Comment